Pengertian, Sejarah, dan Fungsi HTML

Pengertian, Sejarah, dan Fungsi HTML
Pengertian, Sejarah, dan Fungsi HTML - Bisa dikatakan HTML merupakan bahasa pemrograman paling populer sekarang, bahasa ini digunakan dalam pemrograman web. HTML juga merupakan dasar dari pemrograman, jadi jika anda ingin mempelajari pemrograman, anda harus belajar HTML terlebih dahulu.
Di postingan pertama saya ini, saya akan mengupas lebih lanjut mengenai HTML. Mulai dari pengertian, sejarah, hingga fungsi dari HTML. Karena dengan memahami itu semua kita akan lebih mudah dan tahu lebih dalam mengenai HTML.

Pengertian HTML

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Languange. HTML merupakan bahasa markup internet yang berisi kode atau simbol yang ditujukan di sebuah file untuk ditampilkan di halaman website. Artinya, HTML merupakan bahasa markup untuk membuat web dan dapat diakses oleh pengguna internet dengan browser.
HTML telah memasuki versi HTML 5, dan HTML masih diperbaharui hingga sekarang. Alasanya karena banyaknya pengguna HTML sendiri yang selalu meningkat. Organisasi yang bertanggungjawab dalam pengembangan HTML disebut W3C.

Fungsi HTML

  • Membuat Halaman Website, halaman website dibuat dengan HTML sebagai pokoknya dan mengatur halamanya.
  • Pondasi Website, Website layaknya rumah memiliki pondasi, pondasinya website yaitu HTML. Jika website tidak memiliki pondasi HTML, maka akan susah mengimpelentasikan bahasa pemrograman lainya, seperti CSS, PHP, dll.
  • Menambahkan Objek Berkas Ke Halaman Web, ada banyak tag HTML yang berfungsi menampilkan objek berkas ke halaman web.

Sejarah HTML

HTML pertama kali dibuat oleh IBM pada 1980. Saat itu muncul ide untuk menempatkan elemen-elemen yang berguna menandai bagian suatu dokumen seperti judul, alamat, isi website. Pada akhirnya element tersebut dibentuk dalam sebuah program yang melakukan pemformatan secara otomatis.
Bahasa pemrograman untuk melakukan tugas diatas disebut bahasa markup. IBM menamai program ini Generakized Markup Languange, dan pada 1986 konsep ini disetujui oleh ISO (International Standard Organization) sebagai standar pembuatan dokumen. ISO kemudian menamainya sebagai Standard Generalized Markup Languange (SGML). HTML sendiri merupakan bagian SGML bagian dari tim Banners Lee dari CERN. Dia memberikan ide tentang pembuatan bahasa pemrograman yang dapat diakses komputer manapun tanpa melihat platformnya. Sejak saat itu HTML menjadi lebih populer ditimbang SGML.

Perkembangan HTML

  • HTML 1.0
    HTML 1.0 merupakan versi pertama HTML, fiturnya masih terbatas, yaitu heading, paragraf, hypertext, list, bold, dan italic.
  • HTML 2.0
    Terdapat fitur baru, yaitu form
  • HTML 3.0
    Fitur baru, yaitu tabel. Namun versi ini tidak bertahan lama, karena banyak permasalahan, salah satunya perang antar browser.
  • HTML 3.2
    Perang antar browser terus berlanjut karena mereka membuat tag HTML mereka sendiri. Untuk mengatasinya, dibentuk organisasi yang menangani standar dari HTML, yaitu World Wide Web Consortium (W3C).
  • HTML 4.0
    Versi ini memuat banyak perubahan, hampir semua perintah dalam HTML mengalami perubahan.
  • HTML 4.01
    Versi ini hadir untuk mempearbaiki versi sebelumnya.
  • XHTML 1.0
    XHTML merupakan gabungan HTML dan XML, namun XHTML tidak se-fleksibel HTML, tidak banyak orang yang menyukai versi ini.
  • HTML 5.0
    HTML merupakan versi HTML terbaru, di versi ini ada fitur-fitur baru, pokoknya keren.
HTML merupakan bahasa pemrograman yang tidak terlalu sulit, jadi jangan ragu-ragu untuk belajar. Untuk referensi, jika kalian mau belajar HTML, kalian bisa belajar di W3Schools, dan di blog ini.
Di blog ini saya akan membagikan ilmu saya mengenai pemrograman, jadi gak usah bingung kalau mau belajar. Sekian postingan saya yang berjudull Pengertian, Sejarah, dan Fungsi HTML

0 Response to "Pengertian, Sejarah, dan Fungsi HTML"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel